Rabu, 12 November 2014

Teks Laporan Observasi



Teks Laporan Observasi
Bencana Alam
Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Salah satu bentuk dari bencana alam adalah tanah longsor. Tanah longsor adalah sebuah peristiwa di mana terjadinya gerakan tanah atau biasa disebut geologi yang terjadi karwna adanya pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.
Tanah longsor secara garis besar  besar terjadi karena dua faktor, yaitu faktor pendorong dan faktor faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor yang mempengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor penyebab bergeraknya material tersebut. Faktor pemicu diakibatkan oleh alam atau ulah manusia.
Dampak dari bencana longsor adalah terjadinya berbagai kerugian seperti kehilangan rumah, kehilangan nyawa, maupun kehilangan harta. Pencegahan terjadinya longsor bisa dilakukan dengan menanam pohon karena akar pohon akan banyak membantu dengan cara menyerap air hujan sehingga bisa meminimalisir terjadinya tanah longsor.
(Oleh Nefiya Kelas XI.MIA.3 SMA N 1 Gantung)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar